Rabu, 18 Maret 2015

Panduan dasar optimalkan kualitas audio system mobil

Panduan dasar untuk optimalkan audio mobil sistem adalah mengganti perangkat audio standart. Head Unit mobil dapat memainkan format CD audio dan menghadirkan suara sistem stereo mobil. Mulailah dengan mencari produk audio mobil yang sesuai dengan selera bermusik Anda. Pastikan semua fitur yang terdapat dari head unit tersebut sesuai. Faktor utama yang dan paling penting untuk stereo sistem baru adalah head unit. Apakah Anda memasang sendiri audio sistem tersebut atau seorang instaler audio mobil sistem. yang memasangnya. Salah satu alasan utama berbelanja Head unit baru adalah untuk memastikan apakah ukuran head unit mobil pas. Apakah head unit terbaru sudah baik maksimal dengan semua fungsi teknologi yang ada. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pemasangan kabel speaker. Jangan sampai ketika memulai pemasangan speaker kabel terminal nempel pada chasis pintu mobil. Hal ini dapat membuat kerusakan pada speaker dan amplifier. Sebaiknya pakai multi tester untuk memastikan kabel speaker tidak menyentuh chasis body dimobil. Banyak speaker dipasaran yang dapat dipilih speaker berkualitas yang sudah dikenal mereknya. Speaker split komponen lebih baik untuk menghadirkan staging dibandingkan coaxial. karena speaker mobil 2 way ini terdapat tweeter dan pasif crossover yang dapat disesuaikan batas frekuensi. Speaker coaxial biasanya hanya sebagai pelengkap dipasang dipintu tengah mobil.

Mengenal fitur head unit mobil
Head unit mobil dapat menyesuaikan tingkat frekuensi sinyal audio yang diberikan. Sinyal suara tersebut diolah dan disalurkan ke speaker sesuai dengan frekuensi. Jika stereo audio mobil memiliki kontrol equalizer digunakan untuk mengatur keseimbangan antarasumber suara tersebut. Sistem head unit stereo yang paling lengkap menggunakan kontrol7 band untuk pengguna untuk menyempurnakan setiap genre musik. Head unit dapat memainkan dan membaca format audio dalam format MP3, MP4, WMA, AAC. Stereo audio mobil difungsikan untuk mendukung beberapa format tersebut. Head unit mobil yang dapat memainkan file CD audio umumnya mendukung format CD-RW. Jika  fitur head unit mobil  memiliki kemampuan untuk pemutar DVD dan cakram CD juga dapat dimainkan. Bluetooth memiliki peranan penting untuk telepon handfree dan audio streaming. Fitur GPS navigasi memudahkan pengguna mencari lokasi yang dituju. Menguunakan sinyal satelit yang dipancarkan melaui stasiun penerima. Teknolog terkini yang dapat digunakan adalah mirrorlink untuk terminal mode. Android kini sudah dapat digunakan untuk pengguna mencari semua fitur di playstore google. Layar sentuh untuk memudahkan mengoperasikan semua menu pada layar utama monitor. Iphone juga dapat dihubungkan untuk menonton Video dan audio streaming. Teknologi hight defition pada kualitas gambar yang lebih tajam dan benong. Mixtrax dari Pioneer adalah fitur memberikan fungsi Deejay musik nonstop.


Menambahkan speaker audio mobil
Jika Anda menginstal head unit audio mobil gunakan metode yang baik untuk instalasi. Jika Anda mengganti head unit mobil baru sebaiknya mengganti speaker baru untuk kendaraan Anda juga. Upgrade speaker mobil akan menjadikan kualitas suara dan kualitas head unit Anda. Faktor penentu untuk memastikan bahwa speaker mobil dapat menangani daya head unit baru Anda. Untuk menghindari kerusakan speaker mobi kabel speaker jangan terbalik pemasanganya. Sesuai daya speaker dengan preout power amplifier sehingga kinerja optimal. Speaker audio mobil berkualitas baik dapat membunyikan suara vokal serta treble tanpa distorsi. untuk itu pastikan speaker mobil sudah sesuai dengan selera musik Anda.

Speaker split audio mobil
Speaker komponen memiliki kualitas suara vokal yang lebih baik. Ha itu karena speaker ini menggunakan komponen terpisah. Pasive crossover difungsikan untuk membagi jalur midrange dan tweeter. Tweeter terisah dan biasa diletakan pada dashboard pilar kiri dan kanan.. Speaker mobil difungsikan dapat membunyikan vokal serta treble yang lebih baik. Ukuran speaker split audio mobil biasa yang digunakan adalah 6.5 inch.


Speaker coaxial
Speaker coaxial terdiri dari tweeter yang menyatu dengan woofer. Untuk pemasangan cukup simple karena tidak menggunakn pasive crossover. Speaker coaxial biasa digunakan untuk pelengkap dan pemasangan pada pintu tengah kendaraan.

Menambhakan subwoofer mobil
Jika Anda merasa audio mobil system kurang maksimal pada suara bass. Solusinya adalah menggunakan sistem stereo Anda adalah menambahkan subwoofer mobil yang sesuai. Sebuah Subwoofer mobil dirancang untuk bermain hanya pada nada rendah. Tidak seperti speaker mobil yang cocok untuk ruang dalam interior kendaraan Anda. Subwoofer mobil berdaya besar dapat menghadirkan suara bass handal punch. Subwoofer membtuhkan ruang yang lega maka peletakanya lebih banyak ruang interior mobil. Karena subwoofer membutuhkan box dengan volume khusus untuk bekerja lebih maksimal. Hal tersebut tentu sangat membatasi ruang interior kendaraan Anda. Lain halnya dengar speaker yang dapat dipasang dipintu dalam mobil tanpa membutuhkan box karena pintu dapat sebagai volume. Subwoofer mobil dapat dipasang dimana saja dan biasanya terbungkus box menggunakan material kayu MDF. Bahan MDF diyakini sangat baik untuk peredam suara di dalam mobil. Jika Anda suka suara bass rendah yang mendalam upgrade sistem stereo dengan subwoofer dan menambahkan amplifier eksternal. Subwoofer mobil untuk suara bass konfigurasi subwoofer Double voice coil dapat dijadikan pilihan Sehingga daya output menjadi lebih besar karena dapat diparalel 2 Ohm.


Power amplifier mobil

Sebuah amplifier mobil berkualitas  sangat penting untuk menciptakan sinyal audio system. Sehingga suara vokal serta suara bass lebih kuat. Selain itu amplifier difungsikan untuk merepro mid vokal dari speaker. Head unit mobil tidak akan kuat jika difungsikan untuk mendorong subwoofer. Amplifier mobil difungsikan menambah performa kualitas suara lebih optimal. Amplifier terdiri dari kategori amplifier 4 kanal dan 5 kanal. Monoblok amplifier memiliki daya yang paling besar untuk merepro subwoofer. Setiap amplifier memiliki kinerja yang berbeda tapi fungsinya sama untuk menambah daya. Sedangkan sumber kelistrikan pada amplifier mengambil arus daya dari Accu. Amplifier terdiri dari terminal speaker dan subwoofer terdapat crossover dan hight Pass filter low Pass. Komponen amplifier berkualitas menggunakan transistor dan IC pada rangkaian power. Transistor memiliki tenaga yang lebih besar dari Ic kekuranganya Komponen ini cepat panas. Sedangkan IC lebih tahan panas dari transistor tapi daya kurang optimal. Lebih tepat apabila amplifier yang menggunakan IC untuk merepro midrange sedangkan subwoofer gunakan amplifier transistor. Komponen transistor menghasilkan daya besar sehingga bass lebih maksimal dan memberikan kualitas audio mobil yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar