Sabtu, 19 Agustus 2017

9 Fitur Komponen Audio Mobil System canggih masa kini

9 Fitur Komponen Audio Mobil System canggih masa kini




Audio System pada Mobil adalah komponen yang sudah terintegrasi dengan head unit. Memang perangkat ini bukanlah komponen yang wajib untuk pengguna menikmati tayangan multimedia. Dengan perangkat ini kamu dapat mendengarkan lagu favorit serta menghadirkan tayangan multimedia.

Dalam system audio mobil untuk musik ada dua aliran yang digunakan pertama adalah aliran Sound Quality Level [SQL] Aliran ini lebih mengutamakan suara musik seperti studio rekaman atau mendekati suara aslinya. Untuk musik yang paling cocok dengan aliran ini adalah musik Jazz, Instrument, Bosanova atau sejenis lagu beraliran soft.
.
Terlepas dari jenis audio, terdapat perbedaan signifikan antara Tape Mobil model lawas dengan teknologi baru. Mulai dari harga, bentuk, hingga fiturnya. Berikut ini 9 Fitur Komponen Audio Mobil System canggih masa kini Perlu kamu ketahui

1.    Pengaturan Kontrol Audio Lebih Lengkap
Tape mobil lawas sangat minim untuk pengaturan audio mobil fitur paling standart adalah Volume Bass, Treble, Balance. Hal ini berbeda sekali dengan Audio mobil masa kini dengan kontrol audio yang sudah canggih. Processor Digital Time alightment adalah komponen canggih untuk menyamakan arah suara yang datang. Interior kendaraan memiliki akustik suara yang kurang baik dimana peletakan speaker kanan dan kiri berbeda jaraknya. Processor Time Alightment dapat mengatasi masalah akustik suara di dalam mobil. Kontrol grafik Equalizer untuk mengatur frekuensi sehingga suara dapat terdengar dengan benar. Kontrol HPF/ LPF serta Loudnes balance, fader dapat diseting untuk meningkatkan kualitas musik di dalam kendaraan.

 2.    Teknologi Layar Sentuh (TouchScreen)
Teknologi layar sentuh tidak hanya digunakan pada smartphone Android, tapi sistem Head Unit Double din juga sudah menggunakan fitur ini. Dengan layar sentuh memudahkan pengguna untuk seting dan memilih applikasi yang diinginkan. Untuk memilih folder musik, memainkan filem serta navigasi dengan mudah dengan layar sentuh. Apabila pada saat diperjalanan pengemudi dapar menelpon hanya menggunakan layar sentuh.

3.    Kamera Parkir
Dulu, Spion adalah salah satu perangkat mobil yang digunakan untuk parkir. Namun dengan perkembangan teknologi video kini digunakan kamera video parkir. Pengguna dengan mudah dapat melihat kondisi belakang pada saat parkir pada layar monitor. Pada saat perseneling mundur gambar video secara otomatis akan tampil. Namun untuk pemasanganya cukup lama karena piranti kamera ini dipasang pada bagian handel pintu belakang. Sehingga kabel video harus dihubungkan dari belakang sampai ke head unit depan pada bagian Camera Input.

4.    Televisi
Head Unit TV double din untuk mobil kini sudah terintegarsi dengan TV tuner untuk menampilkan tayangan televisi. Ada Head Unit mobil yang menggunakan TV analog, beberapa telah memakai teknologi TV Tuner digital. Kelebihan TV Tuner digital adalah kualitas gambar TV yang tetap jernih pada saat kendaraan berjalan. Bahkan, Anda bisa memasang pada headresr monitor di dalam mobil untuk menampilkan tayangan TV dengan tampilan yang sama.

5.    Koneksi USB
Salah satu terobosan dibidang Audio digital kompresi adalah koneksi USB. Melalui konektor ini, Kamu bisa mendengarkan semua musik dari flashdisk atau ponsel. Caranya dengan memasukkan file audio dan video pada terminal USB di head unit atau menggunakan kabel khusus. Bahkan dengan hadirnya Bluetooth semua musik smartphone dapat ditranfer pada head unit via wireles audio streaming.

6.    MirroLink
MirrorLink mulai dikenal sejak tahun 2009. Diawali dengan Nokia dan Magneti Marelli pada saat demontrasi. Teknologi ini merupakan sistem pengendali smartphone yang dapat ditampilkan ke head unit mobil secara bersamaan. Seluruh aplikasi dalam smartphone android dapat dilihat melalui layar monitor. Kemudian, dioperasikan secara penuh lewat layar sentuh atau perintah suara.

7.    Pemutar DVD
Masih ingat dengan kaset lagu lagu nostalgia pada era tahun 90-an? Tape mobil zaman dulu hanya bisa memutar pita kaset analog. Sementara di masa sekarang, telah mengalami perkembangan inovasi digital. Posisi kaset digantikan cakram digital DVD atau VCD player. Anda dapat menonton film secara langsung di layar monitor dari cakram CD, DVD dari drive yang sedang diputar. Sedang untuk membaca cakram CD, DVD Mobil player digunakan Optical digital laser Disc

8.    Perintah Suara
Untuk keamanan saat mengemudi, teknologi voice command pun kini mulai digunakan. Pengemudi tetap bisa menerima panggilan telepon ketika berkendara. Tidak perlu mengangkat smartphone jika menggunakan fitur ini. Pengguna cukup memberikan perintah melalui suara. Fitur ini biasanya digunakan untuk menelepon atau navigasi GPS.

9.    Koneksi Internet
Head Unit Double Din juga bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama melalui koneksi MirrorLink melalui pemasangan Dongle wi-Fi atau melaui kabel HDMI di head unit. Kedua, dengan memanfaatkan modem dari ponsel pintar untuk mencari jaringan data smartphone secara otomatis
.
Demikian ulasan mengenai 9 Fitur Komponen Audio Mobil System canggih masa kini. Lengkap atau tidaknya fitur yang telah dibahas tergantung spesifikasi head unit. Untuk mendapatkan Fitur yang lengkap sebaiknya memilih head unit berkelas walaupun harga tergolong cukup mahal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk dapat dijadikan bahan rujukan pada saat membeli.

Mengenal 9 Fitur Komponen Audio Mobil System canggih masa kini adalah layar sentuh, mirrorLink. Semuanya difungsikan untuk hiburan Audio Video Mobil multimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar