Minggu, 09 April 2017

Memilih Perangkat Audio Mobil Berkualitas




Memilih perangkat Audio Mobil Berkualitas

Biasanya perangkat audio mobil bawaan pabrik tidak sesuai dengan selera pemiliknya. Kualitas suara yang dihasilkan kadang kala kurang memadai. Bukannya menghibur, malah membuat pengendara mobil semakin suntuk saat di perjalanan.

Untuk itulah sebagian pemilik kendaraan merombak habis sistem audio dalam mobilnya. Perubahan tersebut dirasa perlu untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Setidaknya penumpang tidak akan cepat bosan saat menghadapi lalu lintas yang padat, apalagi ketika sedang macet parah.
Ada banyak merek audio mobil yang beredar di pasaran. Bengkel audio mobil berkualitas pun telah banyak berdiri. Namun jangan sembarangan memilih perangkat audio mobil yang akan dipasang. Jika kurang cermat, bisa-bisa budget Anda akan terbuang sia-sia karena hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Beberapa hal perlu diperhatikan jika ingin mendapatkan audio mobil berkualitas pada kendaraan Anda, di antaranya sebagai berikut:

    Efisiensi
Hal pertama yang harus diketahui adalah menentukan seberapa penting perubahan pada audio mobil Anda. Jika perangkat audio mobil milik Anda sekarang masih berada dalam kondisi prima, tidak perlu terburu-buru menggantinya dengan yang baru. Alih-alih merombak total, akan lebih efisien jika melakukan sedikit perubahan pada komponen-komponen pentingnya saja.
Komponen audio mobil terdiri dari, power amplifier, head unit, speaker, dan subwoofer. Anda dapat memilih spesifikasi dari setiap perangkat tersebut sesuai dengan kebutuhan.
Misalnya dengan mengganti speaker dan subwoofer yang disesuaikan dengan kekuatan power amplifier bawaan pabrik. Pilihlah komponen yang menghasilkan suara jernih. Dengan begitu Anda akan memperoleh audio mobil berkualitas seperti yang diiginkan tanpa perlu mengeluarkan banyak usaha dan tenaga.

    Fungsi
Banyak orang bermimpi punya audio mobil berkualitas dengan suara keras mendentum hingga membuat kaca mobil bergetar. Padahal keinginan mereka sederhana, sekadar ingin mendengarkan musik di dalam mobil untuk menghilangkan kejenuhan selama berkendara.
Tidak perlu memodifikasi audio mobil secara berlebihan. Anda tidak perlu merombak fungsi bagasi sebagai tempat audio mobil. Apalagi jika mobil Anda adalah kendaraan utama keluarga yang biasa digunakan sehari-hari. 
Lain halnya jika Anda seorang penggemar otomotif yang memiliki minat tersendiri dalam hal instalasi audio mobil. Untuk yang satu ini, kepuasan adalah tujuan utama. Saat ini telah banyak digelar kontes modifikasi audio mobil dengan iming-iming hadiah yang besar. Inilah yang menjadi wahana unjuk gigi bagi para pecinta modifikasi audio mobil. Keahlian dan karya Anda akan mendapatkan ujian sekaligus penghargaan yang setimpal di ajang tersebut. 


Memilih Perangkat Audio Mobil yang sesuai

         Head unit CD Mobil player
Head unit Mobil CD player adalah perangkat komponen Audio untuk memutar piringan CD berbasis digital. Piranti ini dapat memabaca format audio CD / MP3 / WAV / CD-R/ CD-RW / AAC. Cara kerjanya adalah menggunakan optical laser sehingga mampu menghadirkan suara musik digital. Untuk Audiophile yang mengutamakan kualitas suara yang terbaik biasanya memilih Head unit Single Din karena disinyalir lebih baik dari pada Head unit Double Din. Ada beberapa merek ternama yang dapat dijadikan pilihan, Pioneer. Sony, Alpine, Kenwood. Selain untuk memainkan CD juga dapat terhubung dengan Ipod / Iphone melalui Bluetooth atau menggunakan kabel USB. Beberapa fitur yang sangat penting untuk adalah fitur Digital Time Alightment . Fitur ini dapat menaikan kualitas suara musik sehingga vokal penyanyi berada di depan. Cara kerjanya adalah menyamakan arah suara speaker kiri dan kanan supaya terdengar bersamaan. Fitur Equalizer dapat diseting sesuai dengan jenis musik, Pop, Rock, Jazz, Natural, User. Kontrol pengatur HPF untuk mengatur frekuensi tinggi. LPF untuk mengatur frekuensi rendah. Pilih Head unit yang memiliki Pre out RCA Front, Rear, Sub. apabila menggunakan Power amplifier. Head unit adalah otak dari sumber sinyal audio untuk menghadirkan Audio mobil berkualitas.



Terdapat satu aturan tidak tertulis yang dipercaya oleh semua pemerhati dunia audio, khususnya audio mobil. Aturan tersebut berbunyi, “Ada harga, ada kualitas.”
Memang benar bahwa besarnya harga berbanding lurus dengan kualitas audio mobil yang disajikan. Beberapa produsen audio mobil berkualitas dunia, seperti Alpine, Bose, Pioneer, Harman Kardon, dan sebagainya, memasang harga yang mahal pada setiap produknya. Tentunya merek-merek tersebut sudah dikenal luas dan dipercaya memiliki produk audio mobil yang berstandar tinggi.  Lihat Semua Produk Harga Head unit CD Mobil terbaru

       Speaker Mobil
Speaker Mobil standart bawaan mobil terlau minim kualitasnya Jika suara dibesarkan biasanya suara sember. Kenapa demikian ? Hal ini dikarenakan Pabrikan memproduksi speaker hanya sebagai pelengkap yang harus terpasang di semua mobil jadi bukan kualitas suara yang diutamakan. Lain hal jika pengguna kendaraan mobil eropa tentu sudah dibekali speaker bermutu tinggi, mengingat harga kendaraan tersebut sangat mahal. Jika anda pengguna kendaraan yang umum dipakai biasanya terdapat speaker dengan daya yang relatif kecil. Jika ingin mengganti ada 2 pilihan yang dapat dipertimbangkan, apakah memilih speaker coaxial atau speaker komponen. Speaker coaxial harga relatif lebih murah, tapi untuk suara tentu tidak lebih baik dibandingkan speaker split.  Lihat Spesifikasi : Harga Speaker mobil terbaik 



       Power Amplifier
Head unit memiliki daya relatif kecil maka dibutuhkan piranti amplifier. Amplifier adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menambah daya. Untuk mendriver speaker dan subwoofer secara bersamaan. Sebuah subwoofer dapat bekerja lebih baik jika menggunakan perangkat ini. Amplifier terdiri dari 4 kanal, Monoblok amplifier, amplifier 5 kanal. Ampllifier 4 kanal paling banyak digunakan karena multi fungsi, amplifier ini dapat mendriver speaker komponen dan subwoofer. Tapi untuk daya kurang besar sehingga amplifier ini hanya digunakan untuk mendengarkan musik yang tidak terlau keras suaranya.  Monoblok amplifier memiliki daya yang besar hanya digunakan untuk mendriver suboofer. Amplifier ini sangat boros menyedot arus kelistrikan sehingga dibutuhkan capasitor bank agar sumber Accu tetap stabil.
Kontrol pengatur power amplifier terdiri dari, crossover aktive, gain kontrol, bass boost,  kontrol HPF/ LPF. Terminal Accu, Ground, Remote. Bagian front untuk speaker dan bagian terminal Rear untuk mengatur subwoofer.  Lihat Spesifikasi Harga Power Amplifier mobil terbaru


      Subwoofer Mobil
Untuk mendengarkan musik dengan suara bass yang menghentak subwoofer perlu digunakan. Jika pengguna hanya menggati speaker tanpa subwoofer suara akan terdengar kurang terasa. Suboofer banyak dijual di Toko audio Mobil dengan beragam merek yang ditawarkan. Masing masing sub memiliki karakter suara bass yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Suboofer double magnet memiliki ukuran magnet yang lumayan besar biasa digunakan untuk SPL. Subwoofer single voice coil biasa digunakan untuk audio mobil entry level. Perhatikan daya yang tercantum di spesifikasi supaya sesuai dengan amplifier. Subwoofer membutuhkan daya yang cukup besar agar dapat bekerja maksimal. Dibutuhkan box subwoofer sehingga cukup menyita interior mobil. Untuk pengguna yang ingin mendengarkan suara bass tanpa menyita ruang bisa menggunakan subwoofer aktif model slim. Subwoofer jenis ini dapat diletakan di bawah kursi kendaraan.   Lihat Spesifikasi Harga Subwoofer mobil  berkualitas




    Instalasi Audio Mobil
Untuk mendapatkan audio mobil berkualitas tergantung pada siapa yang memasangnya. Saat ini telah banyak ditemui bengkel audio mobil, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu Anda perlu menggali informasi lebih lanjut.
Anda bisa bertanya pada orang-orang yang berpengalaman menggunakan jasa bengkel audio mobil. Informasi semacam itu pun kini dengan mudah bisa diperoleh di internet, baik dari situs maupun forum-forum pecinta otomotif. Satu hal yang perlu diingat, jangan mudah teperdaya dengan harga murah yang ditawarkan. Sebaiknya periksa terlebih dahulu kualitasnya dengan mengunjungi bengkel tersebut.

Anda dapat mengunjungi audiomobilbsd.com yang menjual berbagai produk audio mobil dan TV Mobil dengan merek ternama sebagai pilihan. Untuk instalasi Audio mobil dikerjakan instalatur yang berpengalaman sehingga harga produk tersebut sesuai dengan kualitas.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar